Apa itu Libra Cryptocurrency Facebook

Dengan berita pengumuman peluncuran mata uang digital atau cryptocurrency libra oleh perusahaan teknologi raksasa Facebook Inc, membuat semua bagian finansial heboh. Meski peluncuran resminya baru akan dilakukan pada semester pertama tahun 2020 mendatang, namun kehadiran mata uang kripto libra ini menimbulkan pro dan kontra banyak kalangan di berbagai negara.

Apa sebenarnya Libra Cryptocurrency Facebook?
Mengapa kehadirannya sangat menyita perhatian publik di belahan dunia?
Apa itu mata uang libra Facebook?


Mata uang Libra Cryptocurrency Facebook adalah mata uang koin digital atau dikenal pula sebagai cryptocurrency yang dikembangkan dan akan diluncurkan oleh Facebook pada tahun 2020 nanti.
  • Libra berfungsi sebagai token digital yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan secara mudah dan murah.
  • Libra dapat digunakan untuk berbelanja di merchant rekanan Facebook dan transfer uang antar pengguna di dunia maya.
  • Libra juga dapat ditukarkan dengan mata uang asli atau resmi dari berbagai negara melalui money changer.
  • Libra nantinya dapat diperoleh dengan membeli token di bursa penukaran mata uang kripto.
  • Jika pengguna telah memilikinya, maka bisa segera digunakan untuk berbelanja.
  • Pengguna dapat menyimpannya di dompet digital yang dikembangkan serta disediakan oleh Facebook.
Pengembangan mata uang digital libra didukung oleh teknologi blockchain, di mana seluruh catatan transaksi digital ditampung dalam database berupa blok yang terhubung melalui kriptografi sehingga membentuk jaringan. Pengelolaan dan pengendalian libra ke depannya tidak dilakukan langsung oleh Facebook sebagai kreatornya, tetapi oleh organisasi khusus yang dikenal dengan nama Libra Association.

Libra Association merupakan perwakilan dari perusahaan-perusahaan yang bergabung untuk berinvestasi dalam proyek libra yang dikembangkan oleh Facebook. Beberapa perusahaan tersebut di antaranya adalah Visa, Mastercard, Uber, eBay, Andreessen Horowitz, PayPal, Spotify, Coinbase, dan Vodafone dan lainnya. Untuk bergabung dalam proyek libra ini, masing-masing perusahaan elit tersebut harus menanamkan modal minimal US$ 10 juta.

Keunggulan libra Facebook :
Beranjak dari mahalnya biaya pengiriman uang, Facebook mengembangkan libra yang awalnya digunakan sebagai platform pengiriman uang secara langsung dengan biaya yang rendah atau bahkan tanpa pungutan biaya sama sekali alias gratis.
Sebagai ilustrasi :
Anda mengonversikan mata uang dolar Amerika Serikat ke libra kemudian mengirimkan libra kepada seorang teman. Selanjutnya teman Anda tersebut mengonversikan dolar dalam bentuk libra yang diterimanya ke dalam mata uang rupiah, maka konversi mata uang tersebut tidak akan dikenai potongan biaya administrasi bank.

Tidak seperti mata uang digital yang telah ada sebelumnya, seperti bitcoin misalnya, nilai tukar libra cenderung akan lebih stabil, sebab nilai tukar mata uang digital yang dirilis Facebook ini dikaitkan dengan mata uang resmi seperti dolar AS, euro, yen, dan lainnya. Misalnya US$ 1 nilainya setara dengan Rp 14.125, maka 1 libra akan dihargai sebesar mata uang tersebut.

Transaksi libra yang bersifat personal dan faktual mengharuskan penggunanya untuk memiliki akun sesuai dengan identitas resmi. Meski demikian, Facebook yang menaungi libra telah menjamin keamanan dan kerahasiaan data penggunanya. Oleh sebab itu, pengguna libra nantinya tidak perlu khawatir dengan penyebaran data pribadi yang dapat dimanfaatkan untuk iklan tertarget dari rekanan perusahaan teknologi raksasa tersebut.

Demikian artikel ini semoga menambah pengetahuan kita bersama, Terimakasih...
LihatTutupKomentar

Privasi