Alat Kerja Teknisi Listrik dan Fungsinya


Alat Kerja Teknisi Listrik dan Fungsinya

Testpen 
Alat ini berfungsi sebagai alat kerja untuk mendeteksi atau memeriksa apakah suatu peralatan listrik dialiri tegangan atau tidak sama sekali.

Tang 
Tang yang biasa digunakan sebagai Alat kerja Teknisi Listrik dan terdapat berbagai macam jenis tang sesuai dengan bentuk dan kebutuhannya. sperti tang kombinasi, tang potong, tang lancip, dan di berbagai daerah namanya juga punya istilah masing masing, seperti tang buaya dan sebagainya.

Obeng
Obeng Plus berfungsi sebagai alat kerja tukang listrik untuk membuka, memasang, mengendurkan, mengencangkan baut atau sekrup. obeng juga terdapat beberapa tipe seperti obeng plus, obeng minus, obeng bintang dll.

Cutter
Para tukang listrik biasanya Cutter digunakan untuk mengupas, membelah bagian isolasi kabel listrik yang memiliki ukuran lebih besar, yang tidak dapat dikupas dengan menggunakan Tang.

Multitester
Multi testes berfungsi sebagai alat ukur pada kelistrikan, seperti mengukur tegangan (voltage), mengukur arus (Ampere), mengukur tahanan (Resistansi)

Tang Ampere
Tang ampere fungisnya tidak jauh berbeda dengan multitester, hanya saja bentuknya sudah di desain untuk mempermudahkan tukang listrik mempergunakannya.

Insulation Tester
Insulation tester atau disebut juga dengan Megger (Mega- Ohm Meter) Insulation Tester (Megger) merupakan suatu alat kerja listrik yang berfungsi untuk mengukur kondisi isolasi dari suatu kabel penghantar listrik. Cara menggunakan Insulation tester

Waterpass
Biasanya dipergunakan untuk pemasangan PHB atau kotak kontak supaya tetap lurus dan tidak miring.

Meteran
Untuk mengukur ketinggian pemasangan alat alat listrik dari lantai, sesuai puil jarak ketingggian pemasangan alat listrik sudah ditentukan.

Bor
Untuk melubangi tembok atau membobok dinding yang akan dipasangi pipa instalasi listrik.

Demikian beberapa alat alat yang sering digunakan tukang listrik atau teknisi listrik serta fungsinya, jika ada tambahan lain silahkan masukkan dikolom komentar, agar kita bisa berbagi pengetahuan.
LihatTutupKomentar

Privasi