INSTILAH-ISTILAH PADA INSTALASI LISTRIK

Saat teknisi listrik bekerja pada instalasi listrik di rumah kita, kita sering mendengar istilah-istilah dalam instalasi listrik dan istiah itu hanya sedikit orang yang tau. untuk itu alangkah baiknya jika mengetahui arti istilah-istilah yang biasa digunakan dalam instalasi listrik :

Kabel Twisted


Kabel ini biasa digunakan sebagai kabel penghubung antara arus dari tiang PLN ke KWH Meter rumah konsumen, pada Saluran Udara Tegangan Rendah.
Pengadaan dan pemasangan kabel twisted ini merupakan tugas PLN sepenuhnya sebagai bagian dari pelayanan terhadap konsumennya.

KWH Meter

Kwh meter adalah alat yang digunakan oleh pihak pln untuk menghitung besar pemakaian daya konsumen. Kwh meter ini dilengkapi dengan mcb yang berfungsi untuk menentukan batas maximum pemakaian daya konsumen yang diijinkan pln berdasarkan pengajuan yang dilakukan pihak konsumen.
MCB ini juga berfungsi sebagai pemutus arus bila mana akan dilakukan perawatan ataupun perbaikan pada instalasi dalam rumah konsumen.
ada 2 jenis KWH yang sering diperguankan saat ini :

Kwh Pascabayar:
kwh yang digunakan pln untuk menghitung besar pemakaian daya oleh konsumen dan setelah satu bulan pln akan melakukan penagihan terhadap konsumen.

Kwh Prabayar:
KWH ini terobosan baru pln dimana konsumen dapat mengendalikan pemakaian listrik sendiri, sistemnya seperti membeli pulsa telepon seluler. Alat ini sudah memakai teknologi digital yang dapat Anda gunakan untuk memasukan kode pengisian listrik.

MCB

MCB (Miniature Circuit Breaker), mcb digunakan oleh pihak pln untuk membatasi arus yang diijinkan serta pengaman instalasi listrik jika terjadi hubungan singkat dan mcb otomatis akan memutuskan arus bila arus yang melewatinya melebihi batas nominal yang telah ditentukan.

PHB (Panel Hubung Bagi)


PHB ini sama juga dengan box panel mcb, sesuai dengan istilahnya ini merupakan sebuah box yang dipasang diarea konsumen, didalamnya berisi mcb dengan jumlah tertentu sesuai dangan ukuan panel dan keperluan konsumen.
Panel hubung bagi atau panel mcb ini berfungsi sebagai pengatur pembagian arus diarea konsumen sesuai yang diinginkan atau sesuai gambar instalasi yang dikeluarkan oleh konsultan listrik yang ditunjuk oleh konsumen.
Dengan adanya panel mcb maka ketika akan melakukan perbaikan jaringan instalasi maka konsumen tidak perlu mematikan secara keseluruhan akan tetapi cukup mematikan atau memutus arus pada wilayah yang akan diperbaiki saja.

Kabel Tufur

ini adalah kabel penghubung arus dari kwh pln ke panel mcb (PHB) milik konsumen, kabel ini adalah kabel biasa hanya ukurannya lebih besar dari kabel yang digunakan pada instalasi dan berfungsi sebagai kabel induk.
Besarnya ukuran kabel tufur disesuaikan dengan arus yang dialirkan ke panel mcb (PHB).
Berbeda dengan kabel twisted sekalipun ada kaitannya dengan kwh pln pengadaan dan pemasangan kabel tufur ini menjadi tanggung jawab konsumen. Petugas pln hanya bertugas melakukan penyambungan kabel tufur pada mcb yang terpasang pada kwh pln.

Penting :
Dari tiang pln sampai kepada kwh adalah menjadi wewenang pln, sehingga konsumen tidak diperbolehkan mengutak atiknya. Bila hal ini dilakukan, maka konsumen akan dikenai sangsi/denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Sedangkan dari box mcb sampai ke jaringan/instalasi dalam rumah itu merupakan hak konsumen dan konsumen bebas merancang instalasi listrik sesuai kebutuhan.

Line

Kabel ini merupakan pembagi pada setiap grup, semua line berawal pada sebuah box mcb (PHB) kemudian menuju grup instalasi yang sudah ditentukan.
Dalam sebuah line terdapat tiga kabel yang berbeda , Netral, Ground dan Phase

Grounding (Arde)


Grounding (Arde) adalah suatu jalur langsung dari arus listrik menuju bumi pada instalasi listrik sebagai pencegahan adanya tegangan listrik berbahaya akibat terjadi kegagalan isolasi.
Sementara dalam PUIL 2000 (PUIL : Persyaratan Umum Instalasi Listrik tahun 2000) menggunakan istilah pembumian dan memiliki pengertian sebagai “penghubungan suatu titik sirkit listrik atau suatu penghantar yang bukan bagian dari sirkit listrik, dengan bumi menurut cara tertentu”.

T-Dos

T-dos atau kotak sambung merupakan wadah tempat menyimpan sambungan instalasi, selain rapi sambungan yang disimpan dalam tdos lebih terjamin keamanannya.

Inbowdos

Adalah tempat untuk memasang outlet baik itu saklar, stop kontak, tv maupun telpon, hal ini dimaksudkan agar outlet-outlet tersebut bisa terpasang dengan kuat, rapih dan tentunya aman, terutama untuk saklar dan stop kontak dimana kabel yang mengandung arus terlindung dengan aman tidak akan bersentuhan dengan dinding sehingga arus bocor ke dindingpun bisa dihindari
LihatTutupKomentar

Privasi