Penyebab Tegangan listrik Turun dan cara mengatasinya

Penyebab Tegangan listrik Turun dan cara mengatasinya
Penyebab Tegangan listrik Turun dan cara mengatasinya

Jika tegangan listrik turun, maka dapat menyebabkan Lampu di rumah kita Redup, Kulkas mengeluarkan suara mendengung, Kipas angin putarannya lambat, dan lain sebagainya yang lebih parah lagi jika tegangan listrik dirumah kita turun maka alat alat elektronik akan cepat rusak. Untuk itu sebaiknya kita ukur dulu tegangan listrik dirumah kita, supaya kita tahu tegangan normal atau dibawah normal. Jika dibawah normal atau tegangan turun, perlu kita cari penyebab tegangan listrik itu turun atau drop.

Berikut ini beberapa penyebab tegangan listrik dirumah bisa turun atau drop :

Terjadi gangguan pada Sumber Listrik
Jika Listrik di rumah kita berasal dari PLN, penyebabnya adalah karena terjadi gangguan pada Jaringan Listrik PLN, seperti Hujan Deras, Petir, atau kerusakan Jaringan listrik PLN sehingga mengalami Kelebihan Beban dan menyebabkan tegangan listrik turun.
Untuk mengatasinya sebaiknya di rumah anda memakai Stabilizer Voltage.

Korsleting pada instalasi listrik
Korsleting atau Short Circuit (Hubung singkat), tentunya dapat menyebabkan Tegangan Drop Secara tiba-tiba, atau bahkan Listrik menjadi Padam, Solusinya segera mencari tahu dimana penyebab terjadi Korsleting, bisa disebabkan karena kabel - kabel pada instalasi Listrik di gigit hewan, kabel basah, Isolasi terkelupas.
Untuk mengatasinya,matikan semua MCB pada PHB listrik dan kemudian ukur tegangan keluar dari meteran PLN, jika tegangan normal, berarti memang pada instalasi listrik rumah anda ada yang rusak atau peralatan listrik dirumah anda ada yang rusak. 

Pemakaian Alat listrik yang berlebihan
Penggunaan Listrik yang berlebihan juga dapat menyebabkan turunya tegangan listrik, selain itu adanya lonjakan arus yang Naik turun, seperti misalnya penggunaan Travo las, Mesin Gerinda, atau Alat listrik lainnya yang dengan daya yang besar dan menghasilkan Arus listrik Fluktuatif atau Naik turun, juga dapat menyebabkan tegangan listrik di rumah menjadi Drop.
Untuk mengatasinya gunakan soft start pada alat alat listrik yang memiliki daya tinggi.

Ukuran Kabel Kecil
Ukuran Kabel Listrik yang digunakan terlalu kecil juga dapat menyebabkan Tegangan menjadi Drop (Turun), selain itu juga dapat menyebabkan Kabel panas dan bahkan bisa menyebabkan kabel terbakar.
Cara mengatasinya, Pastikan Ukuran kabel yang anda gunakan sudah sesuai dan standart PUIL ( Persyaratan Umum Instalasi Listrik )

Kabel Terlalu Panjang
Selain ukuran kabel, Jarak atau Panjang kabel yang digunakan juga dapat menyebabkan berkurangnya tegangan listrik
Solusinya: Jangan menggunakan kabel yang terlalu panjang, karena jika terlalu panjang maka susut tegangan akan semakin besar.

Itulah beberapa penyebab tegangan listrik dirumah turun atau drop, jika ada tambahan atau pengalaman pribadi tentang tegangan listrik yang turun, silahkan berbagi pada kolom komentar. Terimakasih…
LihatTutupKomentar

Privasi