Penyebab Komputer Nyetrum dan Cara Mengatasinya

Penyebab PC Nyetrum

Penyebab Komputer Nyetrum dan Cara Mengatasinya

Apakah anda pernah merasakan kesetrum saat menyentuh casing komputer? hal semacam ini cukup sering terjadi pada casing PC komputer dirumah, casing PC komputer dikantor, atau Casing PC komputer disekolah serta tempat lainnya. kondisi ini sangat berbahaya bagi anda dan orang lain. Pasti anda juga bertanya tanya kok casing PC komputernya nyentrum ya, dibawah ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Penyebab casing PC komputer nyetrum.

Power Supply

Casing PC dan Power supply anda pasti terbuat dari alumium dan aluminium adalah suatu bahan penghantar arus listrik, pada power supply pc yang kurang baik kemungkinan ada kebocaran arus listrik dan mengalir ke casing pc komputer, maka dengan konsidi ini pasti casing pc komputer akan nyetrum.

Sistem Grounding

Sistem grounding pada instalasi listrik yang tidak baik dapat mengakibatkan Arus listrik yang berlebih pada peralatan listrik yang anda gunakan, karena sistem grounding tidak berfungsi baik maka arus berlebih tidak bisa disalurkan ke bumi atau tanah secara langsung.

Cara Mengatasi komputer nyetrum :

  1. Cek power supply anda menggunakan testpen apakah ada arus listrik dengan tanda lampu pada tespen akan menyala. Jika ada, segera ganti dengan power supply yang kualitasnya lebih baik. karena kemungkinan ada arus bocor pada power supply pc yang anda gunakan.
  2. Cek grounding instalasi pada rumah anda. pada stop kontak dan steker yang anda gunakan. stop kontak dan steker yang baik biasanya ada 3 pin (line, netral,ground)
  3. Sebaiknya pada ruangan komputer anda memakai karpet, untuk menjaga kebersihan dan memiminalis kesetrum casing pc komputer.  Jika ruangan tersebut tidak pakai karpet, gunakan alas kaki yang kering.
Jika setelah 3 cara diatas casing PC masih juga nyetrum, maka yang harus anda lakukan adalah memasang grounding pada casing pc komputer. Berikut ini bahannya dan alat yang bisa anda dapatkan dengan mudah disekitar anda:
  • Kabel listrik NYA 1 meter
  • Paku tembok panjang 10 Cm
  • Palu atau martil
  • Obeng plus/minus
  • Pisau cutter

Caranya:

  • Ambil kabel Nya tersebut dan kupas sekitas 5 cm pada kedua ujung kabel tersebut.
  • Buka atau kendorkan salah satu baut pc dibagian belakang dan jepitkan salah satu ujung kabel nya tersebut dan kemudian kencangkan lagi bautnya.
  • Pada ujung kabel yang satu lagi, cukup anda lilitkan ke paku sekitar 3 lilitan dan kemudian anda tancapkan ke tembok atau kelantai (pilihlah tempat yang baik agar hasilnya rapi)
  • Selamat anda berhasil membuat sistem grounding untuk casing pc nyetrum.
Demikian penyebab casing PC nyetrum dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa pada artikel artikel berikutnya.
LihatTutupKomentar

Privasi