APA ITU GENERATOR ATAU PEMBANGKIT DAN CARA KERJANYA

 

APA ITU GENERATOR

APA ITU GENERATOR ATAU PEMBANGKIT DAN CARA KERJANYA

Generator listrik adalah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. Sederhananya, generator merupakan mesin dengan energi gerak (mekanik) yang kemudian mampu mengubah menjadi energi listrik.

Ada beberapa macam sumber energi gerak dari generator. seperti, pembangkit listrik tenaga angin, generator dapat bergerak karena adanya angin yang menggerakkan baling baling untuk berputar.

Fungsi generator listrik dan prinsip kerjanya?

Cara Kerja Generator
Generator listrik adalah suatu perangkat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sebenarnya, generator tidak menciptakan energi listrik, melainkan hanya menggunakan energi mekanis yang dipasok untuk mengerakkan muatan listrik.

Prinsip kerja generator sinkron berdasarkan induksi elektromagnetik, setelah rotor diputarkan oleh penggerak mula, maka kutub-kutub pada rotor akan berputar. Apabila kumparan kutub disuplai oleh tegangan searah, pada permukaan kutub akan timbul medan magnet yang berputar.

Generator modern bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik yang pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831. Faraday menemukan bahwa aliran listrik dapat diinduksi dengan menggerakkan konduktor listrik, seperti kawat yang mengandung muatan listrik, ke dalam medan magnet. Sehingga, gerakan ini dapat menciptakan perbedaan tegangan antara kedua ujung kabel atau penghantar listrik, yang nantinya terjadi muatan listrik mengalir dan menghasilkan arus listrik.

Jenis-jenis Generator dan Pembangkit

Jenis generator listrik yang paling banyak ditemui di belahan dunia ada dua jenis yaitu generator DC dan AC.

Generator DC

Generator DC (Direct Current) merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik searah. Adapun perbedaan dengan generator AC ialah tidak mempunyai slip ring, melainkan dua buah brush yang terletak di bagian kiri dan kanan kumparan. Nantinya, kedua ujung kumparan yang berpolaritas akan menyentuh brush secara bergantian dan generator mampu menghasilkan arus listrik searah.

Generator AC

Genertor AC (Alternating Current) adalah alat mesin yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik bolak-balik. Biasanya, generator AC memiliki dua buah kabel dengan polaritas kutub positif dan negatif. Dengan rangkaian itu, memungkinkan kedua ujung kumparan tidak saling bersentuhan, karena terkoneksi dengan satu slip ring saja.

Fungsi Generator Listrik

Fungsi generator yang paling utama adalah menghasilkan energi elektrik dengan mengubah gaya gerak di dalamnya. Selain itu, banyaknya peralatan elektronik saat ini, membuat generator memiliki banyak fungsi. Adapun fungsi generator dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Generator sebagai Pembangkit Tenaga Listrik

Generator adalah komponen utama yang mampu membangkitkan tenaga listrik. Sumber energi yang digunakan juga bisa diperoleh dari berbagai macam sumber, seperti air, cahaya matahari, gas alam, gelombang laut, angin, dan lainnya. Dengan demikian fungsi generator membuat kita tidak mudah kehabisan pasokan energi listrik.

Generator Sebagai Sumber listrik kedua (cadangan)

Banyak sekali tempat-tempat umum yang menggunakan generator listrik. Tentu saja, hal ini digunakan sebagai cadangan atau pasokan listrik utama. Pada Beberapa tempat seperti supermarket, hotel, rumah sakit,semuanya menggunakan generator listrik pada umumnya genset (generator set).

Dengan adanya generator listrik ini, cadangan listrik tersebut dapat membantu produktivitas sehari-sehari. Sehingga tidak perlu khawatir lagi jika terjadi pemadaman listrik dari pihak PLN, baik itu pemadaman karena trouble ataupun pemadaman untuk perawatan jaringan PLN.

LihatTutupKomentar

Privasi