PENGERTIAN ISTILAH SAKLAR HOTEL DARI SAKLAR TUKAR

 

apa itu saklar hotel atau saklar tukar

PENGERTIAN ISTILAH SAKLAR HOTEL DARI SAKLAR TUKAR

Saklar tukar adalah saklar yang bisa mengendalikan lampu dari posisi yang berbeda, misalnya pada tangga hotel dan lainnya. karena pengaplikasiannya banyak terdapat pada hotel dan kita sering menyebutnya saklar hotel. Saklar hotel sebenarnya bukan nama teknis, nama teknisnya adalah saklar tukar.

Saklar tukar tidak jauh beda dengan saklar biasanya, akan tetapi pada bagian belakang saklar tukar terdapat tiga kutub, sedangkan pada saklar biasa hanya ada dua kutub saja. Untuk pemasangan instalasi saklar tukar ini agak sedikit susah atau rumit.

Kenapa saklar ini lebih dikenal namanya dengan saklar hotel?, karena saklar ini banyak dipasang di hotel. jika anda pernah pernah menginap atau berkunjung pada sebuah hotel, anda pasti sering menjumpai saklar tukar ini.

Saklar tukar pada hotel

Ketika anda memasuki kamar hotel, dan lampunya dalam keadaan mati, anda pasti akan menyalakan lampu dari saklar di samping pintu masuk kamar hotel tersebut, saat anda akan tidur cukup mematikan dari saklar di samping tempat tidur, anda tidak akan kerepotan balik lagi kesaklar disamping ke pintu masuk kamar hotel.

Saklar tukar pada tangga

Sebenarnya selain di hotel, pengaplikasian saklar tukar ini bisa kita lihat di tangga, dan penempatanya ada di sisi bawah tangga dan sisi atasnya. Kita bisa meng-on-off kan lampu yang sama menggunakan salah satu bagian saklar saja.

ketika kita akan naik tangga dari lantai 1 ke lantai 2, maka kita menghidupkan lampu tangga dari saklar lantai 1, kemudian setelah kita sampai kelantai 2 baru kita matikan lampu tangga tesebut melalui saklar yang ada dilantai 2 saja.

Keuntungan memakai saklar tukar atau saklar hotel

keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam pengapliakasian saklar tukar atau saklar hotel ini adalah untuk mempermudah pengontrolan lampu dan bisa menghemat tenaga kita dalam pengoperasian lampu tesebut dan bisa dibilang cukup praktis.

Instalasi saklar hotel atau tukar

Pada proses instalasi dengan menggunakan saklar hotel ini akan sedikit rumit dibanding saklar biasa, juga akan memakan lebih banyak waktu pengintalasiannya. setelah kerumitan dan waktu ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan pada instalasi saklar hotel atau saklar tukar ini, apa itu?
Instalasi saklar hotel akan lebih banyak atau panjang dalam penggunaan kab instalasi listrik, karena ada tiga kutub yang harus terkoneksi. Tetapi untuk praktis pemborosan kabel instalasi harus direlakan, demi kenyamanan dan ke praktisan pada sipemakai hotel tersebut.

LihatTutupKomentar

Privasi