Penyebab Konsleting Listrik Pada Instalasi Rumah dan Cara Mengatasinya

 

Penyebab Konsleting Listrik Pada Instalasi Rumah

Penyebab Konsleting Listrik Pada Instalasi Rumah dan Cara Mengatasinya

Konslet atau korsleting sudah tidak asing lagi kita dengar dan konslet ini sering terjadi pada berbagai instalasi listrik. konslet ini sering juga disebut sebagai kerusakan pada system instalasi listrik.

Penyebab konslet pada instalasi listrik

Konslet bisa terjadi karena hubungan arus pendek atau komponen instalasi yang rusak seperti fitting, saklar,stopkontak, lampu atau konsleting bersumber dari peralatan elektronik. Jalur kabel terkelupas juga bisa jadi pemicu konsleting pada instalasi listrik yang mana fasa dan netral tersambung langsung. Sumber dari korsleting ini sangat banyak, contohnya seperti berikut:

  1. Kabel instalasi listrik rusak (lecet, terkelupas, kena paku dan lainnya)

  2. Saklar Instalasi listrik Bermasalah

  3. Fitting Lampu Short

  4. Steker atau Terminal listrik Meleleh

  5. Kabek Instalasi di Makan Tikus

  6. Peralatan elektronik yang rusak

Untuk mengatasi hal tersebut tentu saja yang paling utama dengan memastikan pemasangan instalasi listrik dari awal dilakukan oleh orang ahli di bidang instalasi listrik. Karena seorang ahli listrik pasti sudah memikirkan agar perawatan dan pemeliharaan instalasi listrik kedepannya bisa lebih mudah dilakukan, menggunakan bahan material SNI, mengikuti persyaratan umum instalasi litrik (PUIL)yang berlaku dan cara pemasangan instalasi yang baik dan benar serta aman untuk manusia dan lingkungan.

Cara Mengatasi Konslet atau Konsleting Listrik

  1. Cabut semua peralatan elektronik yang tersambung pada colokan listrik.

  2. Matikan semua lampu pada rumah.

  3. Nyalakan MCB pada KWH, Jika terjadi MCB Trip atau jeglek, berarti konsleting bersumber dari instalasi listrik. a.cek kabel instalasi listrik, apakah ada yang terkelupas, lecet atau dimakan tikus), b.Cek Stop kontak,apakah ada kabel fasa dan netral yang bersentuhan secara langsung. Jika tidak terjadi MCB Trip atau jeglek lanjut kelangkah nomor 4

  4. Nyalakan satu persatu lampu rumah, jika terjadi MCB Trip atau jeglek berarti konsleting tersebut bersumber dari lampu yang barusan dinyalakan ( cek lampu, fiting dan saklar).

  5. Colokin satu persatu alat elektronik yang biasa dipakai dirumah tersebut dan nyalakan satu persatu. jika terjadi MCB Trip atau jeglek berarti konsleting tersebut bersumber dari peralatan elektronik tersebut.( Cek peralatan elektronik yang terakhir dinyalakan yang menyebabkan MCB Trip atau jeglek).

Jika sudah menemukan penyebab konsletingnya maka segera lakukan perbaikan dengan hati hati dan dianjurkan untuk kondisi sumber arus listrik benar – benar mati atau dalam keadaan off pada MCB KWH.

LihatTutupKomentar

Privasi