Penyebab Rice Cooker Bau busuk dan cara Memperbaikinya

 

cara memperbaiki rice cooker rusak

Penyebab Rice Cooker Bau busuk, tidak panas, mati total dan cara Memperbaikinya

Rice cooker pada saat ini sudah menjadi kebutuhan utama pada rumah tangga, karena fungisnya sangat membantu kita dalam memasak nasi dan menghangatkan nasi. Tetapi bagaimana jika rice cooker kesayangan keluarga ini bermasalah? Jangan buru-buru ketempat service dahulu, barangkali perbaikan ringan masih bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan uang dan waktu ketempat service.

Sebenarnya cara memperbaiki rice cooker ini sangat mudah dilakukan, karena pada rice cooker hanya memiliki beberapa komponen saja seperti, elemen pemanas, thermofuse, limits switch,lampu indikator. berikut jenis kerusakan rice cooker yang sering terjadi dan cara memperbaikinya sendiri.

1. Rice cooker mati dan tidak hidup saat disambungkan listrik

Untuk memperbaiki rice cooker yang tidak mau hidup atau menyala saat di colokin listrik

  • Periksa kabel power apakah ada yang putus dengan menggunakan Avometer, Jika rusak segera ganti dengan yang lain.
  • jika kabel power tidak mengalami kerusakan maka periksa bagian Fuse menggunakan Avo meter, apakah ada sambungan atau tidak. jika putus ganti dengan yang baru atau bisa menyambung langsung ujung kedua fuse tersebut untuk sementara.
  • Periksa bagian Limits switch pada rice cooker, karena limit switch ini sering tidak berfungsi karena terganjal oleh bekas nasi yang jatuh ke dalam bagian rice cooker.

2. Rice cooker tidak panas ketika memasak

Untuk pertama yang perlu anda lakukan adalah mengecek seluruh kabel yang ada pada rice cooker tersebut, apakah ada yang putus atau terlepas, jika semuanya terpasang dengan baik dan tidak ada yang puutus, maka penyebab utamanya biasa bersumber dari elemen pemanas bagian bawah yang sudah putus.

3. Rice cooker berbau dan basah

Untuk memperbaikinya hal ini periksalah kabel sambungan ke elemen penghangat yang berada pada tutup rice cooker tersebut. element yang ada pada tutup rice cooker tersebut rusak dan tidak bisa memberikan hangat pada nasi setelah dimasak, inilah penyebab jika rice cooker berbau dan basah setelah masak alias nasi menjadi basi.

4. Jika rice cooker matot tidak menyala

Bisa juga di akibatkan thermofuse yang putus, silahkan ganti dengan yang baru dan harganya juga tidak mahal, karena thermofuse ini menjadi pengontrol panas pada saat memasak dan menghangatkan nasi.

demikian sedikit artikel tentang memperbaiki rice cooker semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua, jika ada yang ingin berbagi ilmu tentang perbaikan rice cooker, silahkan tulis pada kolom komentar, agar dapat berbagi ilmu..Terimakasih

LihatTutupKomentar

Privasi