Alat Pengamanan Jaringan Listrik

Alat Pengaman Jaringan Listrik
Jenis alat pengaman yang digunakan pada jaringan tegangan menengah yang sering dipergunakan dalam jaringan listrik Tegangan Menengah atau TM di Indonesia adalah sebagai berikut:

Pengaman lebur atau Fuse Cut Out
Pengaman lebur (FCO) merupakan pengaman bagian dari saluran dan peralatan dari gangguan hubung singkat antar fasa, dapat pula sebagai pengaman hubung singkat fasa ke tanah bagi sistem yang ditanahkan langsung.
Berdasarkan bentuk fisik alat pelebur ini dibagi menjadi:
  • Tertutup (enclosed)
  • Terbuka (open)
  • Elemen terbuka (open link)
  • Tipe expultion
  • Tipe limiting
Karakteristik fuse cut out mempunyai sepasang garis lengkung yang disebut karakteristik arus waktu. Lengkung yang berada di bawah disebut waktu lebur minimum (minimum melting time), lengkung di atas disebut waktu bebas maksimum (maximum clearing time).
Ada dua tipe fuse cut out yaitu tipe cepat dan tipe lambat. Perbedaan kedua jenis ini terletak pada speed ratio.

Relai Arus Lebih (Over Current Relay)
Relai arus lebih merupakan pengaman utama sistem distribusi tegangan menengah terhadap gangguan hubung singkat antar fasa. Relai arus lebih adalah suatu relai yang bekerja berdasarkan adanya kenaikan arus yang melebihi nilainya.
Berdasarkan karakteristik waktu relai arus lebih dibagi menjadi:
  • Tanpa penundaan waktu (instaneous)
  • Dengan penundaan waktu
  • Dengan penundaan waktu tertentu (definite time OCR)
  • Dengan penundaan waktu berbanding terbalik (inverse time OCR)
Relai Arus Gangguan Tanah (Ground Fault Relay)
Relai arus gangguan tanah (ground fault relay) merupakan pengaman utama terhadap gangguan hubung singkat fasa ke tanah untuk sistem yang ditanahkan langsung atau melalui tahanan rendah.

Relai Arus Gangguan Tanah Berarah (Directional Ground Fault Relay)
Relai arus gangguan tanah berarah (directional ground fault relay) adalah pengaman utama terhadap hubung singkat fasa ke tanah untuk sistem yang ditanahkan melalui tahnan tinggi.

Relai Penutup Balik (Reclosing Relay)
Relai penutup balik (reclosing relay) adalah pengaman pelengkap untuk membebaskan gangguan yang bersifat temporer untuk keandalan sistem.

Penutup Balik Otomatis (PBO, Automatic Circuit Recloser)
Penutup balik otomatis (PBO, automatic circuit recloser) digunakan sebagai pelengkap untuk pengaman terhadap gangguan temporer dan membatasi luas daerah yang padam akibat gangguan.

Saklar Seksi Otomatis (SSO, Sectionalizer)
Untuk membatasi pemadaman sekecil mungkin maka jaringan utama dapat dibagi dalam beberapa seksi dengan menggunakan SSO sebagai pemisah.
LihatTutupKomentar

Privasi