Apa itu Energi Terbarukan

Energi terbarukan
Apakah anda pernah mendengar solar cell, solar panel, bioethanol, solar thermal, solar charge controller mppt danlain sebagainya? itu semua ada kaitannya dengan energi terbarukan. mari kita buka sedikit wawasan tentang apa itu energi terbarukan.

Akhir akhir ini banyak pertanyaan tentang Energi terbarukan dan banyak juga para pengusaha yang mencari sertifikasi keterampilan dibidang energi terbarukan untuk kebutuhan mengikuti lelang lelang proyek dibidang ketenagalistrikan.

Energi terbarukan adalah energi yang bersumber dari alam dan secara berkesinambungan dapat terus diproduksi tanpa harus menunggu waktu yang sangat lama. Sumber alam itu bisa berasal dari matahari, panas bumi, angin, air dan biomassa. Sumber energi tersebut tidak dapat habis dan dapat terus diperbaharui.

Bioenergi adalah salah satu bentuk dari enegi terbarukan. Bioenergi dapat diperoleh dari biomassa, untuk menghasilkan listrik dan panas atau diproses kembali untuk menghasilkan bahan bakar cair, Contohnya adalah biodiesel, bioaftur, bioetanol dan lainya.

Biomassa adalah segala bentuk bahan organik yang bisa berasal dari tumbuhan seperti kayu, limbah pabrik,sampah, kotoran hewan atau mikroorganisme. keuntungan dari bioenergi adalah berkurangnya kandungan karbon dioksida di atmosfer.

Panas bumi juga termasuk energi terbarukan yang bisa manfaatkan untuk menghasilkan energi listrik, selain dari panas bumi masih ada lagi hidropower atau berasal dari pergerakan air, seperti air terjun dan gelombang laut.

Energi dari panas matahari atau sering disebut dengan solar cell itu juga termasuk kategori energi terbarukan. energi solar ini ada dua jenis yaitu solar thermal dan solar photovoltaic.

Indonesia sebagai negara tropis memiliki potensi yang sangat besar untuk beberapa kategori energi terbarukan ini. bila potensi itu dimanfaatkan dengan baik, Indonesia mungkin akan terlepas dari kekurangan pasokan listrik, atau setidaknya bisa membantu pembangkit pembangkit listrik yang sudah ada di indonesia. Itu baru beberapa energi terbarukan belum ditambah lagi dengan energi angin seperti yang telah lama digunakan di belanda. Potensi yang luar biasa itu harusnya dapat mengubah Indonesia menjadi negara kaya energi.
Itulah sedikit pembuka wawasan tentang energi terbarukan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama.

LihatTutupKomentar

Privasi