Tips Instalasi Listrik pada Baja Ringan

Untuk memasang instalasi listrik pada rangka baja ringan bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, agar bisa dipakai aman dan nyaman. Untuk menghindari dari bahaya konsleting atau kesetrum. Baja ringan memang sedang popular saat ini karena dinilai dari berbagai kelebihannya jika dibandingkan dengan kayu pada umumnya.

Seperti harga baja ringan yang tidak jauh beda dengan harga kayu juga jangka pakainya yang lebih tahan lama serta ringan untuk pondasi yang bangunannya kurang baik. Akan tetapi juga memiliki kekurangan dari adanya bahaya jika instalasi listrik pada bangunan yang memakai rangka baja ini, untuk itu instalasi listrik pada bangunan rangka baja ini perlu diperhatikan dengan serius.

Apakah anda pernah melihat kanopi ruko yang memakai rangka dan atap baja ringan, pasti pernah melihat kabel listrik hanya ditaruh biasa saja, padahal jika terkena tajamnya rangka baja, akan memicu bahaya bagi siapa yang menyentuh rangka baja tersebut. kita semua tahu bahwa yang namanya besi itu sifatnya bisa menyalurkan arus listrik, maka dari itu kita perlu mengantisipasinya.

Beberapa tips mungkin yang bisa kita lakukan seperti dibawah ini :

  • Pasanglah instalasi listrik pada posisi yang paling aman, jika bisa diposisikan pada area yang tidak bersentuhan langsung dengan konstruksi baja ringan, bisa ditempel pada dinding.

  • Selalu mengggunakan material instalasi listrik dengan kualitas terbaik, kita tahu harganya akan lebih mahal tetapi semua itu untuk keamanan, misalkan kabel, carilah kabel yang berisolasikan yang tebal, agar terhindar dari gigitan tikus atau pakailah kabel yang tidak gampang tergores dan lecet.

  • Pakailah pipa konduit dan masukkan kabel listrik kedalamnya agar lebih aman dari hal hal yang memungkinkan kabel tersebut rusak dan sebagainya.

  • Gunakan T-dos disetiap sambungan kabel, agar sambungan kabel tersebut tetap dalam kondisi aman dan tertutup.
  • Selalu gunakan isolasi yang bagus dan lilitan agak tebal dari biasanya.

  • Hindari kabel yang rawan tergores oleh besi, misalnya kabel yang bersentuhan langsung dengan seng yang ujungnya tajam.
Mungkin itu saja yang bisa saya sarankan untuk pemasangan instalasi listrik pada rangka baja, jika ada masukan dan wawasan yang lebih luas tentang hal ini, silahkan tulis dan bagikan dikolom komentar, agar kita bisa menghindari bahaya bahaya pada instalasi listrik pada rangka baja ini. Terimakasih telah berkunjung di blog ini, semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar

Privasi