Warna Kabel Instalasi Listrik

Warna kabel instalasi listrik Standar PUIL 2011 dan SNI yang kita pergunakan di indonesia pada umumnya, dan acuan kita menuju ke PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) yang mengatur standarisasi instalasi listrik di Indonesia.

Sekarang peraturan tentang kelistrikan sudah diadakan perubahan yang dituangkan dalam standarisasi baru yaitu PUIL2011. yang dahulunya PUIL 2000. Berkaitan dengan hal tersebut ada pertanyaan tentang standarisasi warna kabel yang dibenarkan. Mudah mudahan informasi berikut ini menambah pengetahuan kita sebagai tukang listrik maupun pencari wawasan tentang standarisasi warna kabel yang berlaku saat ini.

Oleh sebab itu jangan heran jika melihat kabel yang terpasang pada instalasi rumah tidak sesuai dengan Warna Kabel Listrik yang sudah distandardkan. Suatu Masalah bagi yang pengetahuannya kurang tentang kelistrikan jika ingin mengadakan penambahan instalasi atau ingin melakukan perbaikan.

Sebagai referensi bagi taman-teman yang kebetulan mampir disini, saya tampilkan tabel Warna Kabel Listrik Standar PUIL. Sehingga dapat teman-teman bandingkan dengan warna kabel yang terpasang pada instalasi di rumah anda.

Berikut adalah tabel warna kabel listrik Standar PUIL2000

 Dari tabel standard PUIL 2000 maka yang saya lingkari dengan warna hijau haruslah sesuai dengan apa yang seharusnya terpasang pada instalasi. Namun lagi lagi ini adalah standard lama (Benar pada waktu itu),

Warna Kabel Listrik Standar PUIL 2000 dan PUIL 2011
Kutipan PUIL 2011
Saat ini IEC 60445 dan IEC 60446 sudah direvisi dan digabung menjadi satu: IEC 60445, Basic and safety principles for man- machine interface, marking and identification – Identification of equipment terminals, conductor terminations and conductors Sesuai SNI 6629.1:2011, “Kabel berinsulasi PVC dengan voltase pengenal sampai dengan 450/750 V – Bagian 1: Persyaratan Umum”, maka warna konduktor lin adalah Hitam, Coklat, Abu- Abu. Konduktor proteksi harus berwarna loreng hijau-kuning, konduktor netral harus berwarna biru (lihat 5210 Bagian 5-52PUIL).

Dengan demikian maka untuk pemasangan instalasi saat ini sampai belum adanya perubahan PUIL maka harus berpedoman pada PUIL 2011

Terus terang untuk saya sendiri jika menginstalasi rumah, yang saya tanyakan kepada pemilik rumah adalah “ apakah warna kabel listriknya sesuai standar atau tidak?”. Namun hanya berkaitan dengan warna kabelnya saja. jika ingin tahu lebih dalam lagi tentang warna kabel, besaran kabel, silahkan download PUIL 2011, disitu semua dibahas tentang instalasi listrik dari A-Z.

Pertanyaannya adalah bagaimana jika kita ingin menambah atau memperbaiki sendiri instalasi listrik yang ada di rumah kita. Sedangkan Warna Kabel Listrik nya tidak sesuai standard PUIL?,

Apalagi setelah dilihat Warna Kabel Listriknya antara FASA dan Netral Sama, maka yang harus dipersiapkan adalah sebuah TESPEN. Tespen merupakan suatu alat untuk mendeteksi keberadaan Listrik pada sebuah kabel apakah berpolaritas FASA atau Netral.

Dalam keadaan listrik aktif yaitu MCB di KWH belum di OFFkan maka jika di test dengan TESPEN yang menyala itulah berpolaritas FASA sedangkan yang tidak menyala adalah Polaritas Netral.

Dengan mengetahui warna kabel mana yang berpolaritas FASA atau Netral silakan diingat karena listriknya harus dimatikan terlebih dahulu. Yang selanjutnya apakah untuk mengadakan penambahan instalasi atau perbaikan instalasi terserah.

Sekian dulu pembahasan kali ini semoga bermanfaat buat teman- teman yang butuh informasi tentang Warna Kabel Listrik Standar PUIL 2011 dan SNI silahkan download.
LihatTutupKomentar

Privasi