Hati hati membeli Laptop RAM ONBOARD

Dengan semakin berkembangnya dunia technology yang menjangkau ke berbagai kalangan, baik masyarakat umum,Bisnis,kantoran,mahasiswa,dan pelajar. Notebook atau Laptop saat ini menjadi kebutuhan yang sangat wajib dimiliki.

Apalagi kebutuhan akan mobilitas manusia saat ini menjadikan notebook atau laptop menjadi salah satu kebutuhan wajib selain smartphone. dari berbagai produsen atau pabrikan saat ini banyak menawarkan notebook atau laptop yang tujukan untuk berbagai kalangan pengguna, ada yang murah, sedang dan ada juga yang mahal. tergantung dari spesifikasi notebook atau laptop tersebut.

Disini kita akan membahas untuk notebook yang bisa dikatakan mengutamakan stylenamun harga sangat terjangkau. Ini merupaka segmen yang paling banyak menjadi target pasar para produsen atau pabrikan notebook karena banyak dari masyarakat Indonesia yang masih awam mengenai spesifikasi dan mengukur kebutuhan. Banyak dari pembeli yang lebih mengutamakan tampilan yang keren dan harga murah dan disinilah yang menjadi letak kesalahan dalam memilih laptop.

Selain memilih jenis processor kita juga harus teliti terhadap RAM. RAM adalah komponen penting dalam sebuah notebook atau laptop yang akan sangat berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya sebuat notebook. Semakin besar RAM otomatis akan semakin cepat kinerja sebuah notebook dan akan semakin tinggi performanya. Walaupun untuk urusan kecepatan bukan hanya tergantung oleh RAM, dimana processor dan medai penyimpanan (Storage/drive) juga tak kalah pentingnya.

Entah apa penyebabnya, saat ini banyak brand dan produsen notebook yang membuat notebook dengan sistem RAM Onboard. RAM Onboard artinya ram ini sudah tertanam langsung di mainbord sebuah notebook, dan tidak ada slot tambahan. Ada memang beberapa seri yang menyediakan slot tambahan, namun banyak juga yang tidak. Sekarang bayangkan jika notebook yang anda beli hanya memiliki RAM onboard sebesar 2GB, padahal untuk sebuah windows 10 64bit sendiri minimun requiretmentnya adalah 4GB. Bisa dibayangkan bahwa notebook anda akan lemot bukan?

Apakah RAM onboard tidak bisa di upgrade? Tentu bisa, tapi anda harus ke service center resmi dan tentu itu akan sangat mahal dibanding anda memiliki notebook yang memiliki slot RAM tambahan dan dapat di Upgrade sendiri. Selain harga RAM nya lebih murah, biaya pemasanganya juga sangat mudah dan murah.
Jadi, sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah notebook tau laptop, alangkah baiknya anda :
  • Tanyakan penjual apakah RAM pada notebook tersebut menggunakan sistem onboard.
  • Jika iya, tanyakan apakah ada slot tambahan.
Jika temyata notebook tersebut hanya memiliki sistem Ram onboard dan tidak memiliki slot RAM tambahan, maka sebaiknya pikirkan kembali sebelum anda kecewa. Kecuali memang RAM onboard bawaan notebook itu sudah besar misalnya 8GB, mungkin itu akan aman untukjangka waktu lumayan panjang. Tapi jika hanya 2GB anda pasti akan kecewa kemudian hari.



LihatTutupKomentar

Privasi