Charger dan Adaptor Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaanya!

 

Perbedaan Charger dan Adaptor

Charger dan Adaptor Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaanya!

Charger dan Adaptor adalah benda yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari yang erat hubungannya dengan perangkat elektronik. pada umumnya charger memang sering kali digunakan pada perangkat smartphone, tablet, kamera, dan lainnya.

Charger juga berfungsi untuk menyimpan aliran listrik dan menjaga tegangan tetap stabil. Frekuensinya pun cenderung statis untuk digunakan pada media penyimpanan seperti baterai, aki, serta kapasitor.

Sedangkan Adaptor adalah suatu rangkaian elektronik yang bisa mengubah tegangan dan arus listrik lalu menyalurkannya ke peralatan elektronika. Kinerja adaptor akan lebih optimal, Output dari tegangan pada adaptor biasanya bervariasi, seperti 3V, 5V, 7,5V, 9V, 12V, 24V bahkan ada yang sampai 70V, tergantung kebutuhan perangkat elektronik yang kita pergunakan.

Adaptor juga dapat mengatur output menjadi DC atau AC. Adaptor biasanya digunakan pada perangkat elektronik seperti, laptop, printer, monitor lcd, dan lainnya. Adaptor ini berfungsi sebagai pensupply daya listrik. Tidak heran jika banyak juga orang yang menyebut adaptor dengan charger. Padahal Charger merupakan alat yang digunakaan untuk mengisi muatan listrik dan menyimpannya ke dalam baterai atau aki.

Berbeda dengan adaptor yang emiliki fungsi utamanya untuk mensupply daya langsung ke perangkat elektronik tanpa media perantara seperti battray atau aki.

Komponen charger dan Adaptor listrik

1. Trafo atau Transformator

Transformator atau trafo memiliki fungsi untuk menurunkan dan menaikkan tegangan arus bolak balik (AC). Hal ini sesuai dengan kebutuhan beban listrik dari perangkat elektronik. Pada dasarnya, trafo dibagi menjadi dua tipe, yaitu trafo step up dan trafo step down.

2. Dioda Rectifier

Rectifier disebut pula sebagai penyearah dalam sebuah adaptor. Komponen yang satu ini berfungsi untuk membuat tegangan yang dihasilkan trafo menjadi searah. Transformator sudah bekerja dengan baik dengan menurunkan tegangan. Namun, arusnya masih bolak-balik atau AC.

3. Capasitor Filter

Filter merupakan bagian dari adaptor yang berfungsi untuk meratakan sinyal arus dengan menyaringnya terlebih dahulu. Adapun sinyal yang difilter tersebut berasal dari rectifier atau penyearah. Filter ini biasanya terbuat dari beberapa jenis elektrolit atau ELCO.

4. IC Voltage Regulator

Tanpa adanya voltage regulator, sebuah trafo sebenarnya bisa tetap berjalan. Namun, tegangan arus yang dihasilkan kurang stabil. Oleh karena itu, dibutuhkan regulator atau pengatur tegangan yang akan sangat ebrperan menghasilkan tegangan yang stabil.

Kesimpulan

Adaptor adalah suatu alat yang prinsip kerjanya berbeda sekali dengan charger. karena adaptor menyumplai aliran listrik langsung pada sirkuit elektronik, sementara charger harus melalui media penyimpanan tersebelih dahulu seperti battray dan aki kemudian baru disupply ke sirkuit elektronik yang kita pergunakan. Terimakasih...

LihatTutupKomentar

Privasi