Kelebihan Pipa PVC CONDUIT Pada Instalasi Listrik Yang Harus Anda Pertimbangkan

 

Kelebihan Pipa PVC CONDUIT Pada Instalasi Listrik

Kelebihan Pipa PVC CONDUIT Pada Instalasi Listrik Yang Harus Anda Pertimbangkan

Pipa Pvc Conduit (Electrical Conduit Pipe) merupakan Pipa PVC dengan jenis high impact yang bisa dibending atu tekuk sesuai dengan keinginan atau mengikuti lekuk pada sisi bangunan. Biasanya pipa conduit ini dijual dengan panjang 3 meter dalam satu batangnya.

Perbedaan pipa listrik biasa yang berukuran C 5/8 yang memiliki diameter hanya 18mm, sedangkan pipa conduit memiliki diameter 20 mm, sehingga bisa lebih banyak menampung isi kabel instalasi listrik. Pipa conduit jenis PVC memiliki fungsi sebagai pelindung instalasi kabel di bangunan gedung agar aman dan tidak mudah terjadi gangguan luar seperti menjadi sasaran gigitan tikus atau hewan lainnya.

Kelebihan penggunaan pipa conduit

1. Pipa conduit mampu melindungi kabel listrik lebih handal.
2. Membuat instalasi kabel lebih tahan lama.
3. Ringan, anti karat, bisa fleksibel atau dibengkokkan.
4. Mudah perawatannya.
5. Lebih murah dari pipa bahan logam dan galvanis.
6. Mudah dipotong serta dapat dibengkokkan sampai sudut tertentu
7. Sebagai isolator yang baik karena tidak mudah terbakar.
8. Diameter pipa lebih besar.
9. Kabel listrik bisa masuk lebih banyak.

Kekurangan pipa conduit

Pemasangan akan membutuhkan waktu lebih lama
Membutuhkan biaya lebih tinggi pada pembelian Pipa Conduit.

Tips Pemasangan Pipa pvc Conduit

1. Pemasangan pipa conduit dalam dinding

Jika anda ingin memasang pipa conduit dalam dinding, maka sebaiknya pemasangan dilakukan sebelum pekerjaan plesteran. Hal ini supaya menjaga permukaan dinding tetap rata dan tidak mengalami gelombang.

2. Pemasangan pipa conduit pada plafon

Pemasangan pipa conduit diletakan di atas plafon, maka harus dikoordinasikan dengan jalur-jalur instalasi yang lain misalkan pipa sparing yang muncul dari dalam dinding bertemu dengan pipa conduit di atas plafon. Pertemuan antara pipa sparing dengan pipa conduit tersebut harus disusun dengan tdos dan diantara tdos tersebut dipasang flexible conduit untuk meminimalkan risiko kerusakan atau tersulutnya bahan yang mudah terbakar.

3. Gunakan kawat pemancing

Untuk mempermudah pemasangan kabel instalasi listrik dalam pipa conduit sebaiknya menggunakan kawat pemancing, agar penarikan kabel lebih ringan.

4. Gunakan Bending

Untuk membengkokkan pipa sesuai dengan kebutuhan pada lapangan kerja, sebaiknya gunakan bending untuk memperudah dan menguragi pemakaian l-bow pada setiap ujung pipa conduit.

Sekian dulu artikel tentang pipa conduit, kelebihan, kekurangan serta tips pemasangannya. Terimakasih dan salam kepada semua teknisi listrik serta semua yang berkecimpung dalam dunia kelistrikan baik itu akademisi, konsultan dan lainnya...

LihatTutupKomentar

Privasi