Cara Kerja Thermostat Pada Elektronik dan Mesin

 

Sensor Suhu

Cara Kerja Sensor Panas Pada Elektronik dan Mesin

Apa Itu Thermostat?, Apa fungsi Thermostar dan Bagaimana Cara Kerja Thermostat?

Thermostat adalah salah suatu komponen yang ada di dalam perangkat elektronik yang bekerja memutus dan menyambung aliran arus listrik ke komponen lain, apabila terdapat perubahan suhu pada Thermostat. Perubahan suhu ini telah ditentukan nilainya dalam konfigurasi perangkat tersebut, sehingga Thermostat bisa bekerja secara otomatis sesuai dengan settingan yang kita inginkan.

Thermostat sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno, dengan asal kata "thermo" dan "statos". Thermo artinya panas dan Statos artinya tetap sama atau dikenal pula dengan status quo. Dari gabungan kedua kata di atas dapat diartikan menjaga agar panasnya tetap sama atau stabil. Walaupun istilahnya berasal dari bahasa Yunani Kuno, tetapi penemuannya pertama kali terjadi di Inggris. Penemunya Thermostat adalah Cornelis Drebbel, seorang peneliti berkebangsaan Belanda. Thermostat pertama kali ditemukan dan digunakan pada tahun 1600 untuk mengatur suhu pada inkubator ayam. pada Saat itu, Thermostat yang digunakan dikenal dengan Thermostat merkuri.

Jenis Thermostat

Thermostat yang sering digunakan pada elektronika saat ini ada 2 jenis.

  • Thermostat mekanikal. Thermostat mekanikal ini mendeteksi perubahan suhu di sekitarnya memakai sensor electro-mechanical.
  • Thermostat elektronik. Thermostat elektronik ini menggunakan sensor yang terdiri dari berbagai komponen elektronik dan dikemas dalam satu unit kecil.

Fungsi dan Cara Kerja Thermostat

Thermostat mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda pada setiap perangkat elektronik atau perangkat lainnya. Berikut ini beberapa contoh pemakaian sensor Thermostat yang sering dijumpai pada kehidupan sehari- hari saat ini:

Fungsi dan Cara kerja Sensor suhu pada Kulkas

Fungsi Thermostat pada kulkas adalah untuk menentukan mesin kompressor bekerja dan kapan kompressor harus stand by. pada kulkas memiliki beberapa level untuk pengaturan suhunya. Sudah ada ketentuan dan batas yang pasti untuk besaran suhu pada setiap level tersebut.

Thermostat pada kulkas berfungsi ganda, yaitu mendeteksi suhu serta menentukan apakah mesin harus bekerja atau stand by. Apabila kulkas mempunyai temperatur yang masih lebih tinggi dari yang telah ditetapkan, Thermostat akan membuat mesin bekerja untuk menurunkan suhu kembali hingga mencapai target.

Fungsi dan Cara kerja Thermostat pada Rice Cooker

Thermostat pada rice cooker ala tampak ketika wadah untuk memasak nasi tidak dalam keadaan terpasang. Letak Thermostat ini tepat di bagian tengah rice cooker. Bentuknya seperti pegas dan terdapat magnet di salah satu ujungnya.

Fungsi Thermostat pada rice cooker adalah untuk memberikan tekanan pada leaf switch atau saklar pengubah mode. Ketika ditekan oleh Thermostat, leaf switch ini dapat berpindah mode dari cooking ke warming. Hal ini terjadi ketika nasi yang dimasak telah matang.

Fungsi dan Cara kerja Thermostat pada Mobil

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa Thermostat tidak hanya dijumpai pada barang-barang elektronik. Di dalam mesin mobil pun terdapat Thermostat dan tentu saja fungsinya pun berbeda dibandingkan dua alat sebelumnya.

Thermostat pada mobil berhubungan langsung dengan radiator sebagai sistem pendinginan mesin mobil. Suhu mesin mobil ketika sedang digunakan akan sangat tinggi. Pelumas saja tidak cukup untuk meredam tingginya suhu mesin tersebut. Oleh sebab itu, mesin mobil dilengkapi dengan radiator sebagai perangkat pendingin.

Thermostat dapat kia jumpai pada peralatan elektronik seperti setrika, kulkas, rice cooker, dispenser, penetas telor, air conditioner (AC), lampu, dan power supply serta masih banyak lagi yang lainnya.
Pada saat ini Thermostat sudah banyak yang memiliki ukuran yang lebih kecil dan sudah banyak diaplikasikan pada IoT untuk keperluan smarthome system, Belum tau apa itu smarthome system dengan IoT, baca tentang smarthome disini

LihatTutupKomentar

Privasi