PERBEDAAN PUSH BUTTON STAR DAN STOP PLUS EMERGENCY SWITCH

 

PERBEDAAN PUSH BUTTON STAR DAN STOP PLUS EMERGENCY SWITCH

PERBEDAAN PUSH BUTTON STAR DAN STOP PLUS EMERGENCY SWITCH

Jika kita perhatikan tombol star dan stop pada rangkaian kendali motor delta,pasti kita akan menemukan 2 tombol utama, yaitu tombol star dan stop, sekilas kita lihat kedua tombol ini sama, tetapi fungsi dan cara kerjanya berbeda, serta terminal yang terdapat pada tombol ini hampir sama, yang membedakan hanyalah NO dan NC.

Saklar tombol sering sebut juga tombol tekan atau push button,Push button yang sering kita pergunakan pada panel listrik atau pada panel motor star delta ini ada dua jenis :

  • Tombol tekan normally open (NO)
  • Tombol tekan normally close (NC).

Sedangkan Konstruksi tombol tekan ada beberapa jenis yaitu :
Jenis tunggal ON dan OFF dibuat secara terpisah dan ada juga yang dibuat satu tempat. Jenis ini untuk satu tombol dapat untuk ON dan OFF tergantung keinginan penggunaannya. Tombol tekan tunggal terdiri dari dua terminal, sedang tombol tekan ganda terdiri dari empat terminal.

Setelah tombol star dan stop, masih ada satu tombol lagi yang sering ditambahkan pada panel kontrol motor star delta, yaitu tombol emergency.
Emergency switch digunakan untuk mematikan sumber secara langsung saat terjadi gangguan pada system yang telah dirangkai. Sesuai dengan fungsinya emergency switch beroperasi saat rangkaian mengalami gangguan yang dapat membahayakan peralatan dan manusia. Emergency switch digunakan dengan cara memutar switch untuk menghubungkan rangkaian dan kemudian ditekan untuk melepaskanya. ada juga emergency stop ini sama dengan tombol OFF. 

Karena tombol emergency dan tombol off memiliki fungsi yang sama yaitu memutus arus dari sumber utama yang mengalir ke rangkaian pengendali. pada panel biasanya terdapat dua rangkaian, rangkaian daya dan rangkaian kendali. ketiga tombol diatas itu masuk kedalam rangkaian kendali dan dibantu beberapa material lainnya seperti MCB, MCCB, kontaktor, TOR dan lainnya.

LihatTutupKomentar

Privasi