Apa itu Kabel Tray dan Jenisnya

Apa itu Kabel Tray dan Jenisnya ?

Kabel tray adalah perlengkapan yang digunakan untuk jalur pemasangan kabel listrik agar aman dan terlihat rapi. Kabel tray merupakan sebuah sistem saluran kabel untuk mendukung instalasi kabel listrik berisolasi untuk distribusi listrik serta kabel komunikasi pada rumah, kantor dan gedung gedung serta pabrik pabrik industri lainnya. Dengan menggunakan kabel tray instalasi kabel listrik lebih rapi, aman serta mengurangi panas pada kabel tersebut.

Pada rumah tangga kabel tray sering dipasang pada tempat yang sulit dijangkau dan banyak debu yang mudah terbakar. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan kebakaran jika kabel tray tidak secara rutin di cek dan tetap dijaga kebersihannya.
Kabel tray yang terbuat dari plastik atau fiberglass yang dikuatkan, PVC dan besi biasa yang mudah terbakar; harus menggunakan fire retardants atau fireprooping. Hal ini dibuktikan oleh Otto-Graf Institute Jerman yang telah melaporkan "Supplementary Test On The Topic Of Mechanical Force Acting On Cable Penetration Firestop System During The Fire Test " , pada tanggal 23 Oktober 1984.

Tipe kabel tray ada 4 tipe :
  • Tipe C (Stc)
  • Tipe U (Stu)
  • Tipe W (Slw)
  • Tipe Heavy Duty (Slhd).
Desain kabel tray ada 4 jenis :
  1. kabel tray pejal (Solid Bottom)
  2. kabel tray berlubang (Perforated Tray)
  3. kabel tray bertangga (Ladder Try)
  4. kabel tray berpagar (Wiremesh Tray)
Keunggulan kabel tray :
  • Pemasangannya lebih praktis
  • Perawatannya lebih cepat dan praktis
  • Lebih awet dari kabel tray berbahan besi dan baja
  • Tidak menghantarkan arus listrik, sehingga resiko tersengat arus listrik sangat kecil
  • Tahan terhadap cuaca ekstrem seperti Panas dan Hujan
  • Tersedia dalam ukuran standart atau sesuai kebutuhan
Kabel Tray Solid Bottom
Kabel tray jenis ini memberikan perlindungan maksimum pada kabel, tetapi membutuhkan pemotongan tray tersebut atau ketepatan dari mulai kabel dimasukan sampai kabel keluar.

Kabel Perforated Tray
Perforated Tray adalah bentuk ideal untuk aplikasi dalam instalasi kabel yang menghasilkan panas yang sedang. Lubang- lubang yang ada pada kabel tray berlubang memberikan ventilasi yang cukup yang berfungsi untuk melepaskan panas yang ditimbulkan oleh kabel listrik dan untuk menghindari terjebaknya panas di dalam rangkaian kabel tray.

Kabel Ladder Tray
kabel tray jenis Ladder memiliki kabel yang mendukung balok yang melintang, seperti pada anak tangga, pada interval reguler di urutan 4 sampai 12 inci (100 sampai 300 mm). Dan terdapat ventilasi yang mungkin memliki pelindung yang kokoh untuk melindungi kabel dari kejatuhan objek, debu, dan air. Pelindung tray digunakan untuk diluar ruangan atau lokasi yang sangat berdebu. Kabel tray ladder adalah kabel tray yang dibentuk dari 2 batang besi samping yang dihubungkan oleh palang-palang besi sehingga membentuk kabel tray yang menyerupai tangga. Kabel tray ladder berbentuk tangga tersedia Tipe U (Slu), Tipe W (Slw) Dan Tipe Heavy Duty (Slhd).

Kabel Wiremesh Tray
Kabel tray mesh bebentuk pagar atau jaring biasanya digunakan untuk saluran instalasi kabel berukuran kecil, dimana kabel kecil yang digunakan jumlahnya sangat banyak, seperti untuk telepon atau kable jaringan komputer, kabel tray jenis lighter itu sesuai. Yang dibuat dari kawat mesh, biasa disebut "keranjang kabel", atau mungkin diambil dari bentuk tunggal
pusat utama (rail) dengan ribs yang mendukung kabel pada kedua sisi, sedikit seperti tulang belakang ikan.

Sekian dulu tentang kabel tray silahkan bagikan kepada yang lain, semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar

Privasi