Kapasitor Bank Pabrik untuk Menghemat Daya Listrik

Kapasitor bank pabrik

Kapasitor Bank Pabrik untuk Menghemat Daya Listrik

Fungsi utama dari kapasitor bank yaitu sebagai penyeimbang muatan induktif, Seperti yang kita ketahui muatan listrik terdiri dari muatan reaktif (R), induktif (L) dan capasitif(C). Dimana kelengkapan listrik yang sering dipakai dan dijumpai memiliki karakteristik induktif, sehingga untuk menyeimbangkan karakteristik bobot hal yang demikian perlu diaplikasikan kapasitor yang berperan sebagai muatan kapasitif. 
 
Sebelum membangun panel kapasitor bank pabrik, perlu ditentukan secara khusus dahulu besar kompensasi yang diperlukan dan jumlah step. Perlu dipertimbangkan juga adanya distorsi harmonik pada jaringan listrik. Harmonic Distortion atau THD ini menentukan jenis kapasitor bank yang digunakan.

Kapasitor Bank adalah kelengkapan listrik yang memiliki sifat kapasitif yang terdiri sekumpulan beberapa kapasitor yang disambung secara parallel untuk mendapatkan kapasitas kapasitif tertentu. Besaran parameter yang tak jarang diaplikasikan adalah KVAR (KiloVolt Ampere Reaktif).
 
Pada kapasitor sendiri tercantum besaran kapasitansi adalah Farad atau microfarad. Ketika sudah tahu fungsi kapasitor bank, tindakan berikutnya adalah bagaimana metode mengenal kapasitas dari kapasitor, berapa kebutuhkan kapasitor tersebut dalam beban yang dibutuhkan. Dengan makin tingginya biaya listrik di Indonesia maka pengguna listrik seharusnya pintar mengembangkan daya listriknya dan menjalankan penghematan sehingga tarif listrik tidak menjadi mahal.

FUNGSI KAPASITOR BANK PABRIK

Kapasitor yang dipakai untuk memperbaiki cospie atau paktor daya (pf) agar awet dan lama tentunya mesti dirawat secara teratur. Dalam perawatan itu perhatian semestinya dikerjakan pada daerah yang lembab yang tidak terlindungi dari debu dan kotoran. Sebelum melakukan pemeriksaan pastikan bahwa kapasitor tak terhubung lagi dengan sumber.

Kemudian sebab kapasitor ini masih mengandung bobot berarti masih ada arus/tegangan listrik karenanya kapasitor itu seharusnya dihubung singkatkan agar bobotnya hilang. Kapasitor bank adalah peralatan listrik yang mempunyai sifat kapasitif.yang akan berfungsi sebagai penyeimbang sifat induktif. Kapasitas kapasitor dari ukuran 5 KVar sampai 70 Kvar. Dari tegangan kerja 240 V sampai 575 Volt.

LihatTutupKomentar

Privasi