SOAL DAN JAWABAN RANGKAIAN DAYA VS RANGKAIAN KONTROL

 

SOAL DAN JAWABAN RANGKAIAN DAYA

SOAL DAN JAWABAN RANGKAIAN DAYA VS RANGKAIAN KONTROL

# Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian daya!

Jawab:
Rangkaian daya yaitu rangkaian yang merupakan jalur tegangan utama motor bisa 220V, 380V, 660V, bahkan 6.6 kV, dan sebagainya. Rangkaian kontrol adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengendalikan suatu peralatan maupun mesin-mesin listrik.

# Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian kontrol atau kendali!

Jawab:
Rangkaian control adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengendalikan suatu peralatan maupun mesin-mesin listrik. Rangkaian control motor Berurutan secara singkat dapat dijelaskan yaitu rangkaian yang dimana motor dapat dikendalikan sekaligus dan secara berurutan.

# Sebutkan komponen apa saja yang digunakan pada rangkaian kontrol elektromagnetik?

Jawab:
Dalam sistem pengendalian elektromagnetik ada dua kelompok komponen listrik yang dipakai, yaitu komponen kontrol dan komponen daya. Komponen kontrol meliputi antara lain: saklar ON, saklar OFF, timer, relay overload dan relay. Komponen daya diantaranya kontaktor, kabel daya, sekering atau circuitbreaker.

# Jelaskan apa yang dimaksud dengan rangkaian kontrol konvensional?

Jawab:
Kontrol konvensional merupakan kontrol yang mulai menggunakan komponen listrik sebagai otak kontrolnya. Komponen listrik yang sering digunakan pada kontrol konvensional adanya kontaktor-kontaktor ataupun relay-relay dan masik banyak menggunakan unsur komponen mekanik lainya.

# Apa tujuan dari gambar rangkaian kontrol listrik?

Jawab:
Yaitu untuk mempermudah pembacaan, pemahaman dan panduan pemasangan instalasi rangkaian kontrol tersebut. juga sebagai panduan dalam perawatan dan pemeliharaan rangkaian.

# Apa yang dimaksud dengan rangkaian bintang?

Jawab:
Rangkaian star delta adalah rangkaian yang digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik yang menggunakan kabel listrik 3 phase dan membutuhkan daya cukup tinggi.

# Tuliskan komponen apa saja yang ada dalam sebuah instalasi motor listrik dengan kendali elektromekanik?

Jawab:
Pada dasarnya pada sebuah motor listrik merupakan perangkat elektromagnetik, dimana akan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.
Komponen Motor Listrik

  • Stator Coil/Armature Coil.
  • Rotor Coil/Komutator.
  • Main Shaft.
  • Motor Housing.
  • Brush.
  • Bearing.
  • Drive Pulley.
Jika mempunyai jawaban yang lebih bagus dari pada jawaban diatas, silahkan tulis pada kolom komentar, agar dapat berbagi ilmu..Terimakasih..
LihatTutupKomentar

Privasi