FAKTOR DAYA LISTRIK KURANG BAIK INILAH DAMPAKNYA

FAKTOR DAYA TIDAK BAIK INI DAMPAKNYA

Kerugian akibat Rendahnya Faktor Daya (Power Faktor)
Kerugian akibat Rendahnya Faktor Daya (Power Faktor) - Power Faktor (faktor daya) merupakan hal yang penting dalam sebuah jaringan tenaga listrik AC baik jaringan tiga phasa maupun jaringan satu phasa. kerugian tersebut adalah :
  • Kerugian pada jalur penghantar. Pada sebuah penghantar , kerugian yang timbul akibat arus yang mengalir adalah berbanding lurus dengan nilai arus .semakin besar arus yang mengalir pada penghantar tersebut maka semakin besar kerugian (losses ) pada jaringan tersebut.
  • Besarnya rating kVA yang dibutuhkan untuk sebuah peralatan yang akan digunakan Seperti yang kita tahu bahwa hampir semua peralatan mesin Listrik ( Transformer , Alternator dll ) dihitung dalam satuan kVA . Sedangkan Faktor daya merupakan perbandingan antara daya nyata (kW) dengan daya semu (kVA). Semakin rendah faktor daya , semakin besar rating kVA sebuah peralatan mesin listrik tersebut , dan semakin besar rating kVA sebuah mesin , semakin besar pula ukuran mesin dan semakin besar mesin semakin besar biaya pengadaannya dan perawatannya.
  • Ukuran Penghantar. Ketika faktor daya rendah , arus yang mengalir akan meningkat , dengan demikian , untuk mengalirkan arus yang besar dibutuhkan ukuran penghantar konduktor yang lebih besar dan semakin besar penghantar atau konduktor akan semakin besar biaya yang dibutuhkan untuk pengadaannya.
  • Voltage Drop . Ketika faktor daya bernilai rendah , tegangan drop akan menjadi besar , sehingga nilai tegangan diujung penerima menjadi kecil bila dibandingkan dengan Tegangan diujung pengirim. Dan akan semakin besr selisihnya apabila dibandingkan dengan nilai tegangan disii pengirim ketika pada kondisi tanpa beban, dimana arus tidak ada yang mengalir.
  • Efisiensi Rendah. Dalam kasus rendahnya Faktor Daya , akan ada drop tegangan yang cukup besar dan kerugian disepanjang penghantar dan hal ini akan menyebabkan sistem atau peralatan akan memiliki nilai efisiensi yang rendah . Hal ini jelas terlihat pada sistim pembakitan (generator).
LihatTutupKomentar

Privasi