Pengaman Terhadap Tegangan Sentuh

Jika suatu obyek bertegangan tersentuh oleh tubuh manusia, maka pada umumnya arus listrik mengalir ke dalam tubuh manusia tersebut. Tetapi sebenarnya yang berbahaya bagi tubuh bukanlah tegangan itu sendiri, melainkan arus listrik yang mengalir ke dalam tubuh manusia, sedangkan tegangan barulah berbahaya apabila akibat sentuhan dengan tegangan itu menyebabkan mengalirnya arus listrik yang cukup besar di dalam tubuh. Jika tidak menyebabkan mengalirnya arus maka tegangan itu tidak berbahaya. Oleh karena itu, sering kita lihat burung-burung bertengger dengan enaknya pada SUTT 70 kV.

Banyak riset yang telah dilakukan terkait dengan akibat arus listrik mengalir ke dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilaporkan oleh IEC Report Publication 479 mengemukakan hal-hal sebagai berikut :

  • Daerah di mana arus tidak menimbulkan reaksi apa-apa 
  • Daerah di mana arus mungkin sudah terasa, tetapi biasanya tidak menimbulkan akibat pathophsiologis
  • Daerah di mana biasanya tidak mengakibatkan bahaya fibrilasi (denyut jantung tak teratur atau berhenti)
  • Daerah di mana fibrilasi bisa terjadi dengan kemungkinan sampai 50%
  • Daerah di mana fibrilasi bisa terjadi dengan kemungkinan lebih dari 50%.
Jika tegangan tersentuh ke suatu tubuh, dengan kaki menginjak ke tanah, maka akan mengalirlah arus listrik di dalam tubuh yang besarnya tergantung dari tahanan tubuh dan tahanan kontak pada kedua titik sentuhan. Meskipun yang berbahaya bagi tubuh adalah arus sebagai dasar untuk menetapkan persyaratan instalasi listrik adalah lebih praktis jika dinyatakan sebagai tegangan sentuh sebagai fungsi dari waktu.
Dalam Standar IEC Publication 364 4-41, 1977 (Amandemen 1) dinyatakan bahwa tegangan sentuh sebagai fungsi dari waktu yang diijinkan lihat pada tabel berikut :

Bila tubuh tersengat aliran listrik, besar arus yang melewati tubuh bergantung pada tegangan listrik yang mengenainya dan lintasan yang dilalui arus listrik. Besar tahanan tubuh manusia sangat dipengaruhi oleh keadaan kelembaban tubuh dan lintasan tubuh yang dilalui arus dan besar tegangan yang disentuh


LihatTutupKomentar

Privasi