Kapasitor Bank Mobil dengan Audio Power Amplifier Horeg

 

Kapasitor Bank Mobil

Kapasitor Bank Mobil dengan audio power amplifier horeg

Fungsi kapasitor bank pada mobil adalah sebagai tempat menyimpan arus listrik. Sistem kelistrikan pada mobil itu sangat penting sekali, untuk menyalakan mesin kendaraan dan mengaktifkan berbagai komponen penunjang pada pada mobil tersebut agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Fungsi kapasitor bank pada mobil :

1. Kapasitor sebagai alat untuk menyimpan arus listrik pada mobil

Fungsi kapasitor bank pada mobil yang pertama adalah sebagai alat untuk menyimpan arus listrik. Arus listrik yang ada di dalam kapasitor bank selanjutnya akan disalurkan ke perangkat audio mobil yang memiliki watt besar atau bukan audio standart bawaan mobil dari pabrikannya.

2. Kapasitor menyalurkan arus listrik secara cepat pada mobil

Kapasitor bank pada mobil berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari kapasitor ke audio mobil secara lebih cepat dan tidak mengganggu kinerja aki mobil. Karena aki mobil jaraknya jauh dari audio mobil, maka penyaluran arus listrik agak sedikit lambat. dengan adanya kapasitor maka penyaluran arus listrik bisa lebih cepat dan sesuai permintaan audio mobil.

3.Kapasitor penyetabil daya listrik pada mobil

Arus listrik pada dasarnya memiliki daya tersendiri. Agar arus listrik bisa seimbang, dibutuhkan kapasitor bank pada mobil. Ini menyebabkan setiap arus listrik yang disalurkan ke seluruh audio mobil bisa seimbang sesuai kebutuhan wattnya.

4. Kapasitor mencegah penurunan daya listrik pada mobil

Fungsi kapasitor bank pada juga mencegah dan mengurangi penurunan daya listrik yang dapat terjadi secara drastis. Sementara audio mobil membutuhkan daya listrik secara terus menerus dan dengan beban yang berubah-ubah dan dalam waktu yang bervariasi. Sepertinya ketika bass besar makan arus listrik akan dibutuhkan lebih besar dan begitu juga sebaliknya, ketika tida ada bass besar maka arus yang dibutuhkan kecil.

5. Kapasitor sebagai filter pada mobil

Kapasitor bank pada mobil dapat menghasilkan suara yang jernih dan stabil. Karena kapasitor juga berfungsi sebagai filter pada frequensi liar pada listrik.

6.Kapasitor membuat aksesoris mobil lebih awet

Kapasitor dapat menjaga komponen audio dan akresoris mobil lebih awet dan tahan lama. karena komponen dan akseroris mobil biasa lebih cepat rusak karena, arus listrik tidak stabil atau tegangan yang kurang.

7. Kapasitor membuat aki mobil lebih awet

Kapasitor juga berfungsi sebagai pengawet pada aki mobil dengan alasan, ketika ada kebutuhan arus yang besar maka kapasitor yang pertamakali disedot, sehingga aki tetap aman dan tidak cepat soak.

8. Kapasitor membuat suara klakson mobil lebih nyaring

9. kapasitor membuat lampu mobil lebih terang dan stabil.

Kapasitor bank mobil itu sangat banyak merknya dan harga yang bervariasi pula, jika ingin menggunakan kapasitor pada mobil, sebaiknya memilih lebih teliti. karena banyak yang beredar kapasitor aspal (asli tapi palsu), emang bentuknya kapasitor dan fungsinya juga sama, tetapi nilai faradnya tidak sesuai dengan tulisan yang ada pada kapasitor tersebut.

Jika ingin membuat kapasitor bank sendiri juga bisa dilakukan, bagi yang paham dalam kelistrikan, bahannya juga banyak tersedia di toko elektronik.

Sesuaikan juga dengan kebutuhan watt pada audio mobil yang digunakan, karena ada beberapa merek speaker yang memiliki kualitas bagus dan membutuhkan watt yang tinggi seperti Harman Kardon, Vocal, Herts, Scan Speak, Boston Original,
Pioneer, atau Alpine dan belum lagi memakai subwoofer yang besar.

Sekian dulu tentang artikel fungsi kapasitor bank pada mobil, jika ingin merakit kapasitor bank sendiri untuk mobil, mungkin jauh lebih murah dan bisa menentukan nilai faradnya sendiri. Terimakasih

LihatTutupKomentar

Privasi