Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar Hanya Berdengung dan Cara Memperbaikinya

 

Cara memperbaiki kipas Berdengung

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar, Berdengung, Matot dan Cara Memperbaikinya

Kipas angin hanya berdegung dan tidak berputar adalah kerusakan yang paling banyak terjadi pada peralatan rumah tangga, jika keadaan kipas angin berdengung dan dan dibiarkan saja dalam keadaan tercolok kelistrik, ini akan meyebabkan mesin kipas angin tersebut akan menjadi panas dan akhirnya menjadi mati total.

Saat Kipas angin berdengung tidak berputar akan menyebabkan panas pada dinamo kipas angin dan thermofuse yang ada pada dinamo kipas tersebut akan putus dan tidak berfungsi lagi.

Penyebab Kipas agin berdengung dan tidak berputar

1. Kebanyakan Penyebab Kipas angin hanya berdengung di akibatkan oleh banyaknya debu yang menempel pada dinamo kipas angin tersebut. Debu-debu tersebut semakin lama masuk ke bagian as kipas angin dan menyebabkan as pada kipas tidak dapat berputar karena terhambat oleh butiran butiran debu yang semakin lama semakin padat.

2. Penyebab kipas angin berdengung yang kedua adalah pemakaian yang berlebihan. Pemakaian 24 jam tanpa henti dan tidak pernah dimatikan untuk mendinginkan dinamo kipas angin tersebut. hal seperti ini menyebabkan mesin dinamo panas atau overheat. kemudian panas tersebut menjadikan besi pada dudukan as kipas angin memuai dan akhirnya as tersebut terjepit dan kipas angin hanya berdengung dan tidak berputar lagi.

3. Selain kedua penyebab diatas ada satu hal lagi yang sering dijumpai yang menyebabkan kipas angin hanya berdengung dan tidak berputar, kasus ini biasa banyak terjadi dan pemakainya adalah rata rata perempuan. perempuan setelah mandi sering menggunakan kipas angin juga untuk mengeringkan rambut dan juga menyisir rambut pada kamar dengan kipas angin dalam keadaan menyala. pada saat meyisir rambut dan mengeringkan rambut, kemudian rambut yang rontok itu beterbangan dan kemudian masuk kedalam kipas angin lalu rambut tersebut terputar oleh as kipas angin dan membuat as kipas angin tersebut seperti diikat dan berhenti berputar.

Cara memperbaiki Kipas agin berdengung dan tidak berputar

Jika dipastikan kerusakan kipas angin hanya berdengung dan tidak berputar, untuk memperbaikinya sebenarnya tidak perlu membawa kipas angin tersebut ketukang service, karena bisa diatasi sendiri dan caranya cukup mudah serta alat untuk memperbaikinya hanya obeng saja.

1. Jika Kipas angin hanya berdengung ketika di colokkan litrik dan kipas bisa diputar dengan tangan dan kipas berputar lancar, biasanya kerusakan seperti ini adalah kapasitor dinamo kipas angin tersebut yang rusak atau mengalami penyusutan nilai kapasitansi, sehingga tidak dapat membantu kipas angin berputar saat dihidupkan. alasannya karena kapasitor itu membantu starting pada saat kipas angin dihidupkan dan kapasitor juga berfungsi sebagai penentu arah putaran pada dinamo kipas angin.

2. Jika kipas angin hanya berdengung dan baling-baling tidak dapat diputar dengan tangan, maka yang harus dilakukan adalah membersihakan bushing kipas angin tersebut, setelah dibersihkan diberikan sediki pelumas agar tidak seret dan bisa berputar lancar.

3. Jika Jika kipas angin hanya berdengung dan tidak berputar, silahkan lihat pada as kipas angin bagian belakang baling baling, biasanya terdapat rambut yang tergulung oleh as kipas angin. bersihkan as tersebut dari lilitan rambut, setelah itu berikan sedikit pelumas pada bushing.

4. Jika kipas angin hanya berdengung dan ketiga langkah diatas sudah dilakukan, maka selanjutnya anda harus membongkar dinamo kipas angin tersebut, kemudian periksa bushing dan as kipas angin. biasa bushing sering rusak karena tidak tahan dengan gesekan as kipas angin dan membuat salah satunya mengalami lecet atau tergores. jika dipastikan rusaknya bushing maka cari dan gantilah dengan ukuran yang sesuai dan harganya juga tidak mahal.

Demikianlah artikel tentang penyebab kipas angin hanya berdengung dan tidak berputar, artikel ini khusus untuk kipas angin yang hanya berdegung, bukan mati total. karena jika kipas angin hanya berdegung itu tandanya lilitan dinamo kipas angin masih bagus dan bekerja dan thermofuse juga masih bagus dan tidak putus. dari pengalaman yang sering kami dapatkan pada kasus kipas angin hanya berdengung dan tidak berputar penyebabnya adalah debu, rambut, overheat, kapasitor. untuk itu disarankan untuk sering membersihkan kipas angin agar tidak mengalami masalah berdengung dan pemakaian kipas angin dapat bertahan lama. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama. Terimakasih

LihatTutupKomentar

Privasi